Pertamina Eco RunFest 2022 Siap Digelar Utamakan Keamanan dan Kenyamanan Peserta

Republika Online • Fri, 18 Nov 2022 16:27

29
Pertamina Eco RunFest 2022 Siap Digelar Utamakan Keamanan dan Kenyamanan Peserta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Ribuan pelari siap mengikuti Eco-Run di Pertamina Eco RunFest 2022. Gelaran lari ramah lingkungan yang mengusung konsep sustainable living ini akan dilaksanakan pada 27 November 2022 di Istora Senayan, Jakarta.

Di tahun ke-9 penyelenggaraannya, Pertamina Eco-Run hadir dengan konsep baru yakni Pertamina Eco RunFest 2022 yang tidak hanya menyuguhkan ajang lari Eco-Run. Akan tetapi juga menghadirkan Eco-Fest yang terdiri dari festival musik lintas generasi "Energizing Music Festival" dan bazar dalam negeri "Eco-Market" yang menyuguhkan produk dan gaya hidup ramah lingkungan.

Tahun ini pecinta lari bisa menikmati kembali serunya berlari bersama dalam berbagai kategori yaitu 1,5K Family Run untuk anak usia 7 - 12 tahun dan juga pendamping yang berusia lebih dari 17 tahun, 5K Fun Run yang dapat diikuti oleh semua usia, 10K Race dengan kategori Pelajar (usia 13-17 tahun), Umum (usia 18-44 tahun) dan Master (lebih dari 45 tahun) serta kategori baru Eco-Run yakni Half Marathon 21K dengan kategori Umum (usia 18-44 tahun) dan Master (lebih dari 45 tahun).

Corporate Secretary PT Pertamina (Persero) Brahmantya Satyamurti Poerwadi menjelaskan, sejak registrasi Eco-Run dibuka pada akhir bulan September lalu para peserta sangat antusias mendaftar sehingga tidak sampai satu bulan 8.300 tiket habis terjual. "Apresiasi yang sebesar-besarnya bagi para peserta yang sudah mendaftar Eco-Run. Hal ini tentunya semakin memacu semangat kami untuk memberikan pengalaman lari terbaik bagi para peserta," ujarnya.

Brahmantya menegaskan, dalam pelaksanaannya Pertamina sangat mengutamakan keamanan, kesehatan, dan kenyamanan peserta. Sesuai protokol kesehatan, seluruh peserta Eco-Run dipersyaratkan telah melakukan vaksin ketiga (booster) untuk dapat mengikuti ajang lari ini.

"Kami sudah menyiapkan 235 petugas marshall dan 30 petugas bike marshall yang akan ditempatkan per 100 meter di sepanjang rute untuk melapisi dan memisahkan para peserta dengan kendaraan. Selain itu 60 personel traffic controller juga akan ditugaskan di setiap titik rawan pada rute lari, salah satunya seperti di persimpangan jalan," katanya.

"Tidak hanya dari sisi keamanan dan kesehatan, untuk kenyamanan peserta Eco-Run kami juga menyediakan 13 titik Hydration Point atau Water Station per 2 Kilometer di sepanjang rute, di mana hal ini lebih baik jika dibandingkan running event sejenis yang biasanya menempatkan water stations per 2,5 Kilometer. Selain itu, kami juga akan menyiagakan 10 unit ambulans bersama tim medis juga yang dilengkapi dengan alat pacu jantung dan mini ICU," jelas Brahmantya.

Brahmantya mengungkapkan sesuai dengan konsep Sustainable Living dan Eco-Friendly yang diusung, dalam kegiatan Eco-Run ini Pertamina juga memastikan pelaksanaan responsible waste management atau pengelolaan sampah yang bertanggung jawab. "Kami bekerja sama dengan partner Rekosistem yang akan menyiapkan waste management untuk keseluruhan sampah yang dihasilkan di Pertamina Eco RunFest 2022 ini. Jadi seluruh sampah akan dikumpulkan, dipilah, dan diolah kembali (recycle)," ujarnya.

Dalam setiap penyelenggarannya, para peserta Eco-Run selalu antusias menantikan Race Pack eksklusif yang menjadi salah satu benefit para peserta lari. Di tahun ini, para peserta Eco-Run di Pertamina Eco RunFest 2022 akan mendapatkan race pack eksklusif Eco-Run berupa Jersey Exclusif, tas serut, topi, dan BIB (nomor pelari) yang nantinya dapat diambil pada tanggal 24-26 November 2022 di Atrium F3, FX Sudirman. Selain itu seluruh peserta Eco-Run juga akan mendapatkan medali eksklusif dan berkesempatan untuk meraih doorprize pada hari pelaksanaan.

Pada kategori 10K dan 21K, di masing-masing BIB peserta akan terpasang timing chip guna mendeteksi catatan waktu para pelari untuk menghindari adanya kecurangan pada saat perlombaan berlangsung. Selain timing chip, BIB seluruh peserta juga dilengkapi dengan barcode Pic2Go yang terhubung pada tautan dokumentasi, di mana para peserta dapat memasukkan nomor BIB untuk mencari dan mengunduh foto aktivitas mereka saat sedang berlari.

Brahmantya menambahkan, khusus peserta Eco-Run di kategori Race 10K dan Half Marathon 21K, berkesempatan mendapatkan hadiah dengan total ratusan juta rupiah. "Untuk Race 10K akan diambil 5 orang pemenang pada masing-masing kategori yakni Kategori Pelajar & Master (>45thn), Kategori Umum, dan Kategori Internal. Sedangkan untuk Half Marathon 21K akan diambil 3 orang pemenang pada masing-masing kategori yakni Kategori Master (>45thn), Kategori Umum, dan Kategori Internal," jelasnya.

Salah satu peserta Eco-Run, Didiet, yang juga salah satu anggota IM Atletik Club mengaku dirinya selalu berpartisipasi di Eco-Run di setiap tahunnya. Menurut Didiet, Pertamina Eco-Run setiap tahunnya selalu menarik, terlebih di tahun ini dilengkapi dengan Eco-Fest.

"Setiap tahunnya saya selalu turut serta di Eco-Run karena selain hadiahnya yang besar, juga banyak aktivasi menarik dan menghibur. Sudah ga sabar nunggu Eco-Run di Pertamina Eco RunFest tahun ini, selain hadiah yang mencapai ratusan juta rupiah, ditambah dengan hiburan dari Eco-Fest, habis capek lari langsung refreshing! TOP!" pungkasnya.

Dalam acara Pertamina Eco RunFest 2022 akan hadir pula para selebritas pecinta olahraga lari di antaranya Daniel Mananta, Andien Aisyah dan Irfan Wahyudi (Ippe), Baim Wong serta para atlet bola basket Satria Muda Pertamina yang akan turut serta berlari di Eco-Run. Untuk informasi lebih jelas terkait Pertamina Eco RunFest 2022, dapat mengunjungi www.pertaminaecorunfest.com, media sosial : Instagram @pertamina.ecorunfest dan E-mail : info@pertaminaecorunfest.com.

Read More...

^